Sunday, August 21, 2016

Lihat Diri Sendiri Sebelum Melihat Aib Orang Lain

Setan menggoda kita dengan banyak cara. Meskipun kita merasa sudah istiqomah di jalan Allah sekalipun, mereka punya segudang cara untuk mencelupkan kita ke api neraka. Salah satunya adalah tinggi hati. Kita akan merasa lebih baik, lebih suci, lebih pintar, dan lebih segala galanya dari orang lain. Kemudian merendahkan orang lain, contohnya seperti dengan membandingkan antara yang sudah berhijab dengan yang belum, yang sudah syari dengan yang berhijab tapi dimodel-modelin. 

Merendahkan mereka yang tidak seperti kita dengan mengatakan mereka tak pantas dinikahi atau tak pantas mencium bau surga. Na'udzubillah. Siapa lah kita sampai sampai berani menentukan baik buruknya orang, siapa lah kita sampai berani menentukan surga atau nerakanya seseorang. kita tidak pernah tau kelak orang yang kita rendahkan tersebut akan meninggal dalam keadaan baik atau buruk. Atau justru kita lah yang meninggal dalam keadaan buruk. na'udzubillah.
Semoga kita semua terhindar dari sifat tinggi hati. Semoga kita mampu menjaga lisan kita dari kata kata yang merendahkan orang lain. Semoga kita terus menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Jangan mengawasi orang lain, jangan mengintai geraknya, jangan membuka aibnya, jangan menyelidikinya. Sibuklah dengan dirimu, perbaiki aibmu. Karena kamu akan ditanya Allah tentang dirimu, bukan tentang orang lain.” - Ali bin Abi Thalib

Dia punya aib, apalagi kita? Wallahi... Bukan tidak mungkin jika aib kita lebih banyak daripada dia.

Tidak ada yang perlu kita sombongkan atas apa apa yang ada dalam diri ini, jangan pula sampai kita terlarut dalam kesedihan atas segala kekurangan kita apalagi mendengar komentar-komentar dari mereka. Jangan lihat ia begini dan begitu.

LIHAT SAJA DIRI KITA SENDIRI,
ABAIKAN KATA-KATA MEREKA yang tidak mengenakkan hati ya teman 😊

Karena hanya Allah dan diri kita yang tau bagaimana diri ini sebenarnya. Hanya Allah yang tau niat kita.

Yuk gemar-gemar bermuhasabah diri, jangan sampai satu kesalahan orang lain membuat kita melupakan segala kebaikannya.

Buang buruknya, ambil ibrohnya 😊

No comments:

Post a Comment