Thursday, June 16, 2016

Cinta Al-Qur'an



Indah sekali, Allah sebut al-Quran sebagai,
1. Mau’idzah (nasehat) dari Rab kita
2. Syifa’ (penyembuh) bagi penyakit hati
3. Huda (sumber petunjuk)
4. Rahmat bagi orang yang beriman.Ibnu Katsir mengatakan, “وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ” أي: من الشُبَه والشكوك، وهو إزالة ما فيها من رجس ودَنَس “Syifa bagi penyakit-penyakit dalam dada” artinya, penyakit syubhat, keraguan. Hatinya dibersihkan dari setiap najis dan kotoran.” (Tafsir Ibnu Katsir, 4/274). Di ayat lain, Allah berfirman,قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آَمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ فِي آَذَانِهِمْ وَقْرٌKatakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan. (QS. Fushilat: 44)Makna dua ayat ini saling melengkapi. Keterangan global di suat Fushilat, didetailkan dengan keterangan di surat Yunus. Sehingga yang dimaksud al-Quran sebagai syifa bagi orang yang beriman, adalah obat bagi segala penyakit hati.Kita simak keterangan Imam as-Sa’di,Al-Quran adalah penyembuh bagi semua penyakit hati. Baik berupa penyakit syahwat yang menghalangi manusia untuk taat kepada syariat. Atau penyakit Syubuhat, yang mengotori aqidah dan keyakinan. Karena dalam al-Quran terdapat nasehat, motivasi, peringatan, janji, dan ancaman, yang akan memicu perasaan harap dan sekaligus takut, bagi para hamba.Jika muncul dalam perasaannya, motivasi untuk berbuat baik, dan rasa takut untuk maksiat, dan itu terus berkembang karena selalu mengkaji makna al-Quran, itu akan membimbing dirinya untuk lebih mendahulukan perintah Allah dari pada bisikan nafsunya. Sehingga dia menjadi hamba yang lebih mencari ridha Allah dari pada nafsu syahwatnya.


Perkembangan ilmu Biologi modern telah berhasil mengungkap petunjuk dari ayat itu. Untuk kalimat "Dia menciptakan kamu dari diri yang satu, kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu." (QS.Az-Zumar:6) Ini harus dijelaskan dengan ilmu biologi kedokteran reproduksi manusia. Sel telur yang baru dibuahi oleh sperma akan membentuk sel tunggal ("diri yang satu") yang dalam ilmu kedokteran disebut sebagai ZIGOT.

Kemudian antara 12 hingga 20 jam setelah pembuahan, zigot akan membelah menjadi dua ("Dia jadikan pasangannya"). Sambil membelah dan membelah lagi, zigot juga bergerak melintasi tuba falopi, menuju rahim. Zigot akan terus membelah membentuk bola padat sebesar ujung jarum pentul.Pada tahapan ini, ilmu kedokteran menyebutnya sebagai MORULA, yang terdiri atas 16 sel ("delapan pasang binatang ternak"), yang kemudian membelah lagi menjadi 32 sel. Istilah "hewan ternak" itu terjemahan yang tidak tepat, sebenarnya itu mengacu pada "sesuatu yang hidup dan berkembang biak". Pertumbuhan bayi di dalam rahim melewati tiga tahap (tiga kegelapan). Al-Qur'an menggunakan istilah ‘kegelapan’ karena memang proses penciptaan manusia dalam perut ibu terjadi di dalam rahim yang gelap. Tahap-tahap itu adalah:Pertama, tahap Pre-embrionik, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel kemudian menjadi segumpalan sel yang membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring pertumbuhan zigot, sel-sel penyusunnya mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga lapisan.Kedua, tahap Embrionik yang berlangsung lima setengah minggu. Bayi pada tahap ini disebut “embrio”. Organ dan sistem tubuh bayi juga mulai terbentuk.Ketiga tahap fetus yang dimulai sejak kehamilan bulan 8 hingga lahir. Pada tahap ini bayi telah menyerupai manusia dengan wajah, kedua tangan dan kakinya.Setelah membaca penjelasan di atas, tentu kita semua menyadari bahwa Nabi Muhammad S.A.W. memang seorang Rasul Allah, karena tidak mungkin orang yang hidup pada masa 1.400 tahun yang lalu, mengetahui semua informasi menakjubkan ini."Tak ada lagi bacaan yang lebih mampu meningkatkan daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang selain membaca Al-Qur'an"


"Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat bagi para pembacanya."(HR. Muslim) nanti pada hari Kiamat, Allah subhanahu wata’ala akan menjadikan pahala membaca Al-Qur`an sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, datang memberikan syafa’at dengan seizin Allah kepada orang yang rajin membacanya.Rasulullah SAW bersabda : Sebaik-baik kamu ialah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.

(HR. Bukhari)------------------------------------------------------------------Keutamaan Membaca Al-Qur'an yaitu :

1. Sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari dan mengajarkan Al - Qur'an2. Pahala membaca Al Qur'an 3. Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari Al Quran 4. Al-Quran memberi syafaat kepada ahlinya di akhirat 5. Pahala bagi orang yang berkumpul untuk membaca dan mengkajinya 6. Dapat menentramkan hati 7. Dapat menyembuhkan penyakit 8. Pembaca Al Qur'an dikurniakan hatinya dengan cahaya oleh Allah SWT dan dipeliharanya dari kegelapan 9. Pembaca Al Qur'an memperoleh kemulian dan diberi rahmat kepada ibu bapaknya 10. Pembaca Al Qur'an memperoleh kedudukan yang tinggi dalam syurga 11. Membaca satu huruf Al-Qur'an akan memperoleh sepuluh kebaikan
Apa itu aja kebaikannya? Tentu banyak sekali, dan bahkan tidak bisa kita hitung .. Nah Ayo , Tunggu apa Lagi .. Yuk terapkan 5M : Mempelajari,Mentadabburi,Memahami,Menghafal, dan Mengamalkan.Katakanlah Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman...“(QS. Fushilat : 44) .Cobalah periksa hatimu dulu seblum ber su'udzhon dg masa laluMungkin ada yg salah dg dirimu, bkn brti menyalahkan yg sudah berlalu .Maka hiasilah lisan mu dg tilawah cinta yg merduManjakan penglihatan dan mata hati mu dg penerangan Ayat-ayat cinta dr Rabbmu .Sungguh keindahan bahasa dan makna yg terkandung dalam Al-Qur'an memberi ketentraman dalam hati pembacanya.


Bacalah Al Qur'an minimal 1 hari 1 juz, Jika tidak sanggup, bacalah 1/2 juz, Jika tidak sanggup, bacalah 1/4 juz, Jika tidak sanggup, bacalah 1 lembar, Jika tidak sanggup, bacalah 1 halaman, Jika tidak sanggup , bacalah 1 ayat, dan jika masih tidak sanggup, bercerminlah dan renungkan, "Ya Allah, apa dosa yang telah ku perbuat sehingga aku tidak sanggup membaca Al-Qur'an 1 ayat pun" Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Rasulullah saw bersabda: "Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Quran bagaikan buah utrujah, baunya harum dan lezat rasanya. Sedangkan seorang mukmin yang tidak membaca Al-Quran, maka ia seperti tamr (kurma), tidak berbau tapi manis rasanya. Permisalan seorang munafiq yang membaca Al-Quran seperti raihan, baunya wangi akan tetapi rasanya pahit. Sedangkan permisalan seorang munafik yang tidak membaca Al-Quran, maka ia seperti buah Handhalah, tidak wangi lagi pahit rasanya. "(HR. Bukhari)..






No comments:

Post a Comment